Senin, 07 Januari 2013

"Forgiveness" The Greatest Healer of All


Forgiveness the greatest Healer of all by Gerard.G.Jampolsky
This is a small book with a big message: if we are to heal ourselves and learn to live with other in love and harmony 
"Maaf..Maaf kan saya"
pasti kita sering bukan mendengar kata-kata itu atau kita pun mungkin sering mengucapkan kata itu.
Mudahkah memaafkan sesuatu yang berjalan tidak sesuai dengan keinginan kita?.....
Mampukah kita memaafkan seseorang yang mengecewakan kita begitu saja,padahal kita sudah memberikan kepercayaan yang begitu besar kepadanya?.....
Seringkali kita begitu mudah dikalahkan oleh amarah,rasa kecewa dan kesedihan.sehingga kita tidak mampu memaafkan mereka yang menyebabkan amarah,rasa kecewa dan kesedihan kita.Yang paling fatal adalah ketidakmampuan kita untuk memaafkan diri sendiri.
Didalam bukunya Gerard mampu menyimpulkan dengan baik,menyuguhkan cerita-cerita kuat pada bab pertamanya yang menyentuh hati pembaca mengenai arti penting mengapa kita harus bisa menjadi pengampun (mudah memaafkan).Lalu di bab berikutnya dia menjelaskan dengan sangat baik mengapa kita menjadi pribadi yang sukar untuk memaafkan dan cenderung mempertahankan kemarahan.Apakah itu berdampak baik? dengan menyimpan kemarahan dan dendam tentu saja berakibat tidak baik bagi tubuh kita.Kecenderungan kita akan menjadi lebih sensitif,arogan dan cenderung tidak mudah bergaul.
Sebenarnya memaafkan bukanlah berkah bagi orang yang kita maafkan,tetapi justru berkah bagi diri kita pribadi.Karena jiwa kita akan menjadi lebih tenang,damai dan stabil karena tidak lagi menyimpan amarah, dendam dan perasaan kecewa yang pada ujungnya tidak berkesudahan.
Jadi mulai sekarang jadilah pribadi yang pemaaf sehingga kasih tuhan bisa menyentuh hati kita dan seperti kalimat Gerard bahwa sesungguhnya "Rela memaafkan adalah jalan terpendek menuju TUHAN"...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar