Sabtu, 30 Maret 2013

Hari Film Nasional 30 Maret 2013


Ada yang nggak suka nonton film?? Atau ada yang bercita-cita menjadi sutradara?? Penulis skenario?? Atau ada yang underestimate ama karya anak bangsa...Saya teringat ada seorang di dalam kontak bbm saya pernah berkata "Saya pesimis film indonesia bisa bagus (sebagus film-film hollywood yang dia minati), bahkan dia bilang juga "Saya jarang nonton film Indonesia, karena jarang ada yang bagus"...
Hhhmmm....saya hanya bergumam pendek tidak ingin menanggapi argumen frontalnya terhadap film Indonesia...Mungkin bagus juga kalo tiba-tiba dia jatuh cinta kepada seseorang yang bekerja didunia film Indonesia, misalnya sutradaranya,penulis sekenarionya atau mungkin jatuh cinta sama salah satu pemain film Indonesia...Saya yakin, dia akan tarik seluruh kalimat-kalimat nya yang seorah apatis tersebut...
Sudahlah, mari kita lupakan perbincangan yang sampai sekarang saya anggap sebagai lecutan, agar film Indonesia bisa jadi tuan rumah dinegerinya sendiri..(meski saya bukan seseorang yang memberikan banyak kontribusi bagi per-film-an Indonesia 'mungkin belum lebih tepatnya suatu hari nanti siapa yang tahu??' ..)

30 maret diperingati sebagai hari FILM NASIONAL, ditetapkan oleh konfrensi kerja Dewan Film Nasional
dengan Organisasi per-film-an...Alasannya : 30 maret 1950 adalah hari pertama pengambilan gambar untuk film 'Darah & Doa' atau 'Long March of Siliwangi' yang di sutradarai oleh Usmar Ismail ini merupakan film lokal pertama yang disutradarai oleh orang asli indonesia serta diproduksi oleh perusahaan Indonesia.
perusahaan yang memproduksinya adalah PERFINI (Perusahaan Film Nasional Indonesia) yang didirikan oleh Usmar Ismail...

Lalu setelah sempat mati suri, perfilm-an Indonesia bangkit kembali dengan munculnya beberapa film-filman yang berhasil membuat bioskop-bioskop kembali dipenuhi oleh pecinta film Indonesia...Seperti film Petualangan Sherina, Ada Apa Dengan Cinta, laskar pelangi, Ayat-ayat Cinta, The Raid, Cin(T)a, Eiffel i'm in Love, Pasir Berbisik dll...

Saya akan coba sedikit membahas film-film tersebut diatas menurut daya tarik sudut pandang saya...
# Ada Apa Dengan Cinta (Rudy Soejarwo) thn.2002
Sebuah kisah percintaan antara Cinta & Rangga ini mampu menghadirkan berbagai konflik di dalam cerita ringan pelajar SMU...Namun yang membuat saya tertarik bukanlah percintaan antara Cinta & Rangga...Saya justru tertarik pada salah satu judul buku yang dimunculkan dalam film tersebut...Sebuah buku yang berjudul "AKU" karya Syumandjaya...sebuah karya tentang perjalanan hidup seorang Chairil Anwar, seorang penyair yang mampu menciptakan karya seindah dawai surga dengan tutur kata sepanas cahaya neraka yang dengan puisi lugasnya ikut berlomba diantara desing peluru kolonial penjajah dan kekejaman Jepang...

#Laskar Pelangi (Riri Riza) thn.2008
Diangkat dari sebuah novel pertama & fenomenal karya Andrea Hirata. Film yang berkisah tentang perjuangan menggapai mimpi..Satu hal yang saya tangkap dari film ini adalah kesenjangan sosial di daerah penghasil kekayaan alam melimpah (siapa yang tidak mengenal Bangka Belitung)...Terlepas dari itu semua, menunjukan bahwa keberanian mewujudkan cita-cita itu diawali dari berani bermimpi *baca: berani punya Impian....Impian itukan gratis, ga' dipungut biaya, jadi kenapa kita harus takut punya Impian...

Saat ini film juga banyak diangkat dari tulisan-tulisan bermutu yang di novelkan....membuat adanya kolerasi antara industri per-filman dengan penulisan semakin kuat...Jadi intinya, meski Transformers, Starwars, Iron Man, Man in Black, James Bond, Spider Man, harry Potter, merupakan film-film apik yang seru untuk ditonton...Apa salahnya kita juga perduli dengan film-film karya anak bangsa (kecuali film-film bertema hantu selepas film-film bunda suzana, saya nilai beberapa  film dengan judul nyeleneh dan berkesan terlalu mengada-ada adalah film aji mumpung dan terlalu lebay) bahkan sebagian besar cenderung tidak mendidik dengan menampilkan adegan-adegan seronok...

Sekali lagi, hidup per-film-an Indonesia...Selamat Hari Film nasional dan semoga bisa jadi tuan rumah dinegeri sendiri dan bisa menjadi film yang juga disukai bangsa tetangga,amin....






Tidak ada komentar:

Posting Komentar