Senin, 03 Juni 2013

Pergulatan Hati

"Segala kebenaran maunya diketahui dan dinyatakan dan juga dibenarkan;
Kebenaran itu sendiri tidak perlu akan itu,
Karena ialah yang menunjukan,
apa yang diakui benar dan harus berlaku"
(dari buku Alam Pikiran Yunani - Moh.Hatta)
****

Setiap orang terkadang sering merasa bahwa dirinya paling benar.... Wajar..... Karena kebenaran itu sendiri sebenarnya tidak bersifat baku dan ditetapkan.... kecuali dalam aturan agama dan hukum yang berlaku tentu saja telah ditetapkan dan dibakukan....

Dalam sebuah perdebatan kecil terkadang kita merasa ingin selalu dibenarkan, 
meski tidak sepenuhnya bisa diterima oleh orang yang sedang berdebat dengan kita.

Saat ini begitu banyak orang yang merasa apa yang dia pandang sebagai sebuah kebenaran,
Apalagi jika sekeliling dan banyak orang menganggap itu benar, maka otomatis itu akan disebut sebuah kebenaran.... Oya?.... Jika benar seperti itu, berarti kebenaran itu berdasarkan pendapat orang banyak dong???... Ya, mungkin saja....

Saya sendiri bertanya-tanya pada hati saya, kenapa saya memutuskan menulis hal ini?
terlepas dari kekesalan saya malam ini terhadap sesuatu hal, saya rasa patut saya abadikan dalam sebuah tulisan, yang sekiranya bisa saya baca kapan pun ketika hati sedang tidak nyaman seperti sekarang... Beberapa hal tersebut adalah :
- Jangan mendebat jika tidak ingin menanggapi dengan seksama perdebatan itu sendiri.
- Melihat se-objektif mungkin sebuah permasalahan, agar tidak selalu merasa benar
- Memilih menyudahi perdebatan yang kita tahu bahwa perdebatan itu sia-sia.
- Lebih baik diam sedari awal dan hanya tersenyum dari pada berkomentar


note : Menarik napas panjang, berbisik pada hati agar bersabar, menenangkan diri, 
dan berusaha untuk tersenyum se-natural mungkin, we will see... senyuman saya akan mengalahkan kamu yang telah merasa menang terhadap saya...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar