Selasa, 02 April 2013

TATYANA...

Kemarin sempat memilah-milah buku yang belum sempat saya kasih sampul plastik semenjak dibeli, beberapa buku yang belum sempat diberi sampul plastik itu salah satunya buku karangan Tatyana, berjudul Single mom's day out...
buku ini terbit ditahun 2005, lumayan lama ya?...seingat saya waktu itu saya beli ketika berkunjung ke jakarta sewaktu liburan....

isi buku ini saya pikir akan rapuh seperti judulnya, ternyata diluar dugaan isinya begitu briliant dan lugas...beberapa hal yang menarik perhatian saya adalah: 
1. Buku ini tidak menampilkan sinopsis apapun pada covernya...Sehingga suka tidak suka jikalau rasa penasaran memuncak...kita harus membeli bukunya
Dan saya yakin seorang penulis buku ini punya kekuatan dalam gaya bahasa dan tutur cerita, sehingga tanpa menampilkan sinopsis pun kekuatan pemilihan judul sudah menjadi daya tarik sendiri

2. Warna cover buku,sederhana tapi mengena, warna aslinya jauh lebih gelap dari gambar buku yang saya posting pada blog ini, lebih sedikit merah marun gelap pada cover depan, dan di cover belakang berwarna hitam dengan tulisan judul sedikit lebih kecil dari pada di cover depan..(merah hitam,it's my fav color).. kedengaran sedikit klise ya alasannya, hehehee...

3.  Karena penerbitnya adalah Gramedia...saya selama ini belum pernah kecewa membeli buku-buku terbitan Gramedia....

4. Anda jangan harap menemukan kata sambutan atau prakata seperti di buku kebanyakan, yang kerap kali berjumlah satu sampai dua halaman dari si penulis untuk mengucapkan terimakasih kepada si Anu, terimakasih kepada si Itu...dan bla bla bla...Disini hanya ada satu halaman yang berisi sembilan kata dibangian kanan bawah yang berbunyi : Adi...tentu saja. karena hidup jadi semakin mudah dihayati (saya tidak tahu siapa Adi, mungkin suami dari tatyana yang telah memiliki satu orang putera ketika berhasil menerbitkan buku ini) 

5. Buku ini berisi lima belas cerita seperti : Alula kecil, Bintaro sektor 12, Gigi, Umur, Off stage, Single mom's day out, Celestial treatment, After hours, Charles, Breaking news, Chopsticks, Jakarta - Wonosari p.p, Breadlock, The sky raped by haze, no moon, Sedap malam

6. Buku ini adalah karya kedua Tatyana setelah Jakarta Kafe, yang katanya kedua-duanya tercipta karena kesenewenan...hahaha...Tatyana juga mengeluarkan album musikalisasi  puisi (ga ada hubungan ama kedua bukunya) bersama Sapardi Djoko Damaono yang digarap bersama seorang cerpenis Reda Gaudiamo...

Bertemu dengan buku-buku dari beberapa tahun lalu membuat saya reunian...malam ini sewaktu menulis ini disela kesibukan dan badan yang meriang (hahaha) saya membawa buku Single mom's day out, memesan secangkir hot cappucino, mojok di lopecoffe sambil mengamati orang-orang lewat...



1 komentar:

Unknown mengatakan...

Terimakasih sudah membaca Tatyana :)

Posting Komentar